Skip to main content

Featured

Mengenal Influencer: Lebih dari Sekadar Selebriti Online

                                                                Photo illustration by  Los Muertos Crew  on   Unsplash Di era digital yang serba terhubung ini, istilah " influencer " sudah bukan lagi hal yang asing. Kita hampir setiap hari menjumpainya di berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter. Tapi, siapa sebenarnya influencer itu? Apakah mereka hanya sekadar orang yang punya banyak pengikut? Jawabannya lebih kompleks daripada itu. Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap audiensnya, mampu memengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian mereka. Pengaruh ini didapatkan bukan semata-mata karena jumlah pengikut yang besar, tetapi juga karena kepercayaan dan hubungan yang terbangun dengan audiensnya. Jenis...

Life As A Content Creator

Konten [Tampil]

Photo illustration by Mateus Campos Felipe on Unsplash

Di era digital masa kini, media promosi yang dulu lebih banyak melalui sarana tradisional perlahan mulai beralih ke platform social media, seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, Website, Whatsapp, dan lain sebagainya. Elemen ini menjadi salah satu elemen yang sangat berperan penting dalam kehidupan modern masa ini, khususnya bagi Generasi Z. Social media yang semula bertujuan sebagai media komunikasi dua arah, kini bertambah fungsinya menjadi sarana untuk berinovasi. Hal ini sangat terlihat jelas khususnya dalam industri kreatif. Dan dalam perjalanannya inilah, istilah Content Creator akhirnya muncul.

Jika kita telusuri kembali, seseorang biasanya akan mengambil suatu tindakan karena terpengaruh dari suatu konten. Baik itu dipengaruhi oleh konten visualnya yang dikatakan menarik ataupun isi konten yang bermanfaat untuk dirinya. Dari konten inilah, seseorang akan mengetahui informasi apa yang disampaikan oleh seorang Content Creator, tujuan dari konten tersebut, dan siapa yang menjadi target audiencenya. Jadi apakah yang dimaksud dengan Content Creator itu? Content Creator adalah suatu profesi yang bertugas untuk membuat isi sebuah konten baik berupa tulisan, gambar, suara, video, infografik ataupun gabungan dari keseluruhannya dimana bertujuan untuk memberikan informasi atapun hanya untuk hiburan sehingga dapat dinikmati oleh para target audience yang dituju.

Menjadi seorang Content Creator merupakan salah satu kegiatan yang menarik dan terbilang sexy. Dikarenakan pertumbuhan pengguna digital selalu meningkat setiap tahunnya, maka profesi sebagai Content Creator cukup menjanjikan di masa depan. Apalagi permintaan konten untuk media online semakin berkembang pesat. Dan ternyata, Content Creator juga membuka peluang bagi siapapun untuk menciptakan personal branding dirinya ataupun membuka peluang pekerjaan baru seperti influencerendorsement, dan lain sebagainya.

Elemen Kunci Content Creator

Terdapat 3 elemen kunci untuk menjadi seorang Content Creator yang berhasil, berdampak positif, dan dapat menghasilkan pendapatan.


1.      Right Content.

Tujuan menjadi seorang Content Creator tersebut sebaiknya disarankan tidak boleh sesuka hati, karena seorang Content Creator yang baik haruslah membuat konten kreatif yang tepat, memiliki dampak positif, dan berkualitas untuk target audience yang dituju. Dan tentunya jika ingin berhasil, harus memiliki komitmen dan konsisten. Apabila konten yang dihasilkan berkualitas, pertumbuhan audience yang terlibat secara jangka panjang pastinya akan mengikuti.

 

Dalam konten juga perlu diperhatikan apa yang ingin disampaikan melalui konten yang dibuat dan diperlukan pula memotivasi audience untuk tetap terlibat aktif di berbagai aset digital yang dimiliki, seperti berbagai platform social media. Sebaiknya jika kita seorang Content Creator pemula, buatlah konten yang disukai atau passion dibidangnya, hal ini supaya selalu dapat menghasilkan konten dengan konsisten dan benar adanya memang diketahui oleh si pembuat konten itu sendiri. Jadi tidak berkesan dibuat-buat. 

 

2.      Engaged Audience.

Engaged Audience disini maksudnya adalah memiliki audience yang secara konsisten aware, memperhatikan, dan tertarik untuk berinteraksi baik dengan si pembuat konten maupun konten yang telah dihasilkan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pengiklan dan brand/sponsor yang ingin kita dekati. Tunjukkan bahwa kita memiliki orang yang cukup layak untuk dijangkau, dan jumlah perkiraan audience yang akan engage dengan campaign yang akan mereka gunakan.

 

3.      Right Distribution Channel.

Platform social media seperti website, YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, maupun platform lainnya merupakan peluang untuk dapat mendistribusikan konten ke audience yang tepat. Buatlah pula Personal Branding diri kita sendiri dengan tepat. Tujuannya tentu agar nama kita dikenal sebagai seorang Content Creator yang memberikan dampak positif ke audience yang lebih luas. Dan pada saat kita mulai dapat memonetisasi ataupun menghasilkan pendapatan dari konten yang kita miliki, lambat laun kita akan menemukan beberapa cara maupun strategi untuk menggunakan channel ini dalam hal peningkatan exposure.

Untuk itu, seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, menjadi seorang Content Creator tidaklah mudah, harus konsisten dan disarankan bagi seorang pemula mulailah terlebih dahulu membuat konten sesuai dengan passionnya. Apabila kita cukup yakin dengan skill, pengetahuan, dan kreativitas yang dimiliki, kita juga dapat mengeksplor konten lainnya yang ingin kita buat sehingga akan semakin banyak lagi sumber income yang dapat dimiliki.

Namun, jika sejak awal sudah terbesit pemikiran untuk segera cepat kaya, konten yang dibuat akan dan harus viral, berharap menjadi orang terkenal, semuanya ingin dapat segera diperoleh serba instan, maka sangat disayangkan profesi ini sudah pasti tidak akan bertahan lama dan memang tidak sesuai untuk si pembuat content. Untuk itu, seorang Content Creator perlu menjalankan profesinya dengan harapan untuk sharing dan memang menikmati kegiatan yang dilakukannya. Akan berbeda dampaknya, jika tujuan menjalankan profesi Content Creator dengan passion untuk berbagi, sharing informasi, mengedukasi, memberikan konten yang bermakna positif dan tentunya seorang Content Creator itu sendiri juga sangat menikmati pekerjaan dalam hal pembuatan konten. Dapat dipastikan, profesi ini perlahan-lahan akan sangat menjanjikan sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Meskipun tidak singkat dan mudah, semuanya mungkin saja terjadi. Maka dari itu yang dapat dilakukan adalah dengan memulai dari satu langkah pertama yaitu membuat konten pertama! Jadi, tanyakanlah diri kita sendiri apakah sudah siapkah hidup menjadi seorang Content Creator?

 

 

 

 

 


Comments