Skip to main content

Featured

Mengenal Influencer: Lebih dari Sekadar Selebriti Online

                                                                Photo illustration by  Los Muertos Crew  on   Unsplash Di era digital yang serba terhubung ini, istilah " influencer " sudah bukan lagi hal yang asing. Kita hampir setiap hari menjumpainya di berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter. Tapi, siapa sebenarnya influencer itu? Apakah mereka hanya sekadar orang yang punya banyak pengikut? Jawabannya lebih kompleks daripada itu. Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap audiensnya, mampu memengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian mereka. Pengaruh ini didapatkan bukan semata-mata karena jumlah pengikut yang besar, tetapi juga karena kepercayaan dan hubungan yang terbangun dengan audiensnya. Jenis...

Metaverse: Rebranding Facebook Menjadi Meta

Konten [Tampil]
Photo illustration by Dima Solomin on Unsplash

Siapa yang tidak kenal perusahan Meta. Ya, Meta atau biasa juga dikenal dengan nama Metaverse ini menjadi sorotan dan topik hangat dalam pembahasan publik di akhir tahun 2021 lalu. Apalagi setelah pendiri Facebook, yaitu Mark Zuckerberg, secara resmi mengumumkan perubahan perusahaan induk Facebook menjadi Meta dan menciptakan Metaverse.

Metaverse Facebook disebut-sebut akan menjadi masa depan internet dengan memiliki konsep dunia virtual, yaitu penggabungan teknologi virtual reality dan augmented reality. Dalam konsep terbarunya, seseorang dapat menjelajah internet dalam bentuk avatar dirinya sendiri dan berinteraksi dengan pengguna internet lainnya. Alasan inilah yang mendasari Facebook mengganti nama menjadi Meta.

Pergantian nama juga diikuti dengan perubahan logo. Logo yang menyerupai simbol ‘Like’ kini berganti logo yang menyerupai simbol ‘Infinity’ (tidak terbatas). Namun, apa yang melatarbelakangi Meta melakukan rebranding? Berikut beberapa alasan Facebook berganti nama menjadi Meta, yaitu:

1.     Sesuai Dengan Visi Masa Depan

Meta dianggap sebagai identitas baru yang sesuai dengan misi masa depan perusahaan. Menurut Mark Zuckerberg, metaverse akan menjadi platform masa depan dan sekaligus memberikan pengalaman sosial. Dalam waktu lima tahun, metaverse akan dibangun dengan menciptakan 10.000 pekerjaan baru di Uni Eropa.

 

2.     Mengubah Citra Media Sosial Brand Facebook Inc

Facebook Inc merupakan perusahaan raksasa yang membawahi media-media sosial populer di dunia, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Menurut Zuckerberg, Facebook Inc terlalu identik dengan image media sosial sedangkan perusahaan ini akan dikembangkan lebih dari sekadar perusahaan yang berbasis social network semata.

 

3.     Meta Sebagai Perusahaan Induk

Rebranding Facebook menjadi Meta membuat nama perusahaan ini lebih jelas. Meta merupakan perusahaan induk yang menaungi beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Tak sampai disitu. Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan melalui Metaverse, antara lain:

1.     Horizon

Horizon merupakan dunia virtual dimana Anda dapat memilih atau membuat suatu lahan seperti taman, kantor, kebun, bahkan gunung.

 

2.     Avatar

Pengguna Metaverse juga dapat menciptakan avatar dirinya sendiri sesuai dengan keinginan.

 

3.     Kegiatan Virtual

Anda dapat melakukan aktivitas yang sama seperti halnya di dunia nyata, seperti shopping, sekolah, berlibur, bermain dan sebagainya. 

Aktivitas Metaverse Facebook ini dapat Anda nikmati dengan menggunakan perangkat hardware seperti headset virtual reality atau kacamata augmented reality. Saat ini, Facebook sendiri telah merilis headset oculus virtual reality yang dibanderol mulai dari harga Rp.4,2 juta. Bagaimana? Menarik bukan? Metaverse Facebook telah mengubah inovasi di bidang teknologi menjadi semakin menarik. Tertarik untuk mencobanya dengan headset oculus virtual reality? Temukan dibeberapa situs marketplace kesayangan Anda.

Comments