Search This Blog
Hello there! This is a platform that contains points of view and information that someone might need. If you have any comments, please let us know. Let's just spill the tea.
Featured
- Get link
- X
- Other Apps
Pentingnya Customer Relationship Management (CRM) Untuk Bisnis Anda
Dalam semua bisnis maupun usaha, pelanggan merupakan hal yang utama. Pada dasarnya perusahaan akan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen, karena produk dan jasa yang ditawarkan merupakan pemenuhan terhadap kebutuhan pelanggan. Demikian pentingnya pelanggan, maka setiap perusahaan akan memerlukan Customer Relationship Management (CRM) yang merupakan salah satu strategi untuk mengelola hubungan antara konsumen dengan penyedia jasa.
CRM merupakan suatu sistem yang dikelola oleh perusahaan dalam rangka menjaga hubungan baik antara pelanggan dengan dirinya. Caranya melalui pengumpulan database pelanggan dan bagaimana interaksinya dengan tenaga penjual. Tenaga penjual sendiri merupakan representatif dari perusahaan yang mau tidak mau harus menjaga citra organisasi yang dibawanya. Dengan demikian mereka menjadi jembatan komunikasi antara pemakai produk dan jasa dengan produsen.
Bagaimanapun, setiap usaha perlu membangun komunikasi yang baik dengan konsumennya, karena jika hal tersebut tidak terbangun dengan baik, maka konsumen akan dengan mudah berpindah ke perusahaan lain yang dapat memberikan pelayanan lebih baik. Salah satu tujuan pemanfaatan CRM tidak hanya untuk meningkatkan komunikasi, tetapi lebih jauhnya adalah untuk menjaga volume transaksi di masa mendatang. Oleh karena itu, keberadaanya akan sangat membantu perusahaan untuk mengenal karakteristik pelanggannya sendiri.
Manfaat CRM Untuk Pengembangan Usaha
Telah dikatakan bahwa CRM merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan hubungan baik dengan cara mengoleksi data base antara konsumen dengan perusahaan. Lalu, apa keuntungannya untuk perusahaan? Apakah akan memberikan hasil jangka panjang?
Peningkatan Tepat Guna Anggaran Perusahaan
Dengan menerapkan strategi CRM, perusahaan tidak perlu lagi menambah biaya anggaran pemasaran untuk meningkatkan engagement pelanggan atau sekedar untuk melakukan branding awareness. Pasalnya, produk dan jasa yang ada telah memiliki pasarnya sendiri yang spesifik. Penerapan CRM akan membuat perusahaan melayani kebutuhan pelanggan tertarget di saat yang tepat. Sehingga, akan memberikan dampak jangka panjang yaitu peningkatan transaksi penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Penerapan strategi ini akan membawa meningkatkan level hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Dengan semua ini, maka hubungan yang tadinya hanyalah sebagai produsen dan konsumen menjadi problem solver bagi kebutuhan pelanggan. Secara tidak langsung, konsumen akan merasa, bahwa pelayanan yang diberikan semakin meningkatkan kualitas hidup mereka. Dampaknya jelas sekali, bahwa hubungan timbal balik akan terbentuk dan selanjutnya loyalitas pelanggan terhadap produk dan jasa tidak perlu diragukan kembali.
Melakukan Perbaikan Terus Menerus
Secara tidak langsung, perusahaan akan memiliki data yang berkaitan erat kebutuhan pelanggan.Semua informasi ini dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan serta meningkatkan kualitas layanan. Dengan menerapkan strategi CRM (Customer Relationship Management) inilah, tidak hanya untuk memuaskan pelanggan, namun lebih jauh lagi yaitu mendatangkan keuntungan jangka panjang terhadap usaha yang Anda kelola. Dengan demikian perusahaan akan tetap dapat memenangkan kompetisi.
- Get link
- X
- Other Apps
Popular Posts
Mengenal Influencer: Lebih dari Sekadar Selebriti Online
- Get link
- X
- Other Apps
Sejarah dan Perayaan Hari Pahlawan 10 November: Inspirasi untuk Generasi Muda
- Get link
- X
- Other Apps

Comments