Skip to main content

Featured

Mengenal Influencer: Lebih dari Sekadar Selebriti Online

                                                                Photo illustration by  Los Muertos Crew  on   Unsplash Di era digital yang serba terhubung ini, istilah " influencer " sudah bukan lagi hal yang asing. Kita hampir setiap hari menjumpainya di berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter. Tapi, siapa sebenarnya influencer itu? Apakah mereka hanya sekadar orang yang punya banyak pengikut? Jawabannya lebih kompleks daripada itu. Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap audiensnya, mampu memengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian mereka. Pengaruh ini didapatkan bukan semata-mata karena jumlah pengikut yang besar, tetapi juga karena kepercayaan dan hubungan yang terbangun dengan audiensnya. Jenis...

Marketing 5.0 For Humanity

Konten [Tampil]
Photo illustration by Andy Kelly on Unsplash

Perkembangan teknologi yang berlangsung saat ini juga berdampak pada perkembangan dunia marketing dan pemasaran. Hal ini juga mengakibatkan munculnya istilah marketing 5.0 for humanity. Sebelumnya perkembangan marketing dan pemasaran sampai pada marketing 4.0 yang menjadi langkah awal pemasaran secara digitalisasi. Pada marketing 5.0 berfokus pada penyeimbangan peranan ilmu pengetahuan dan teknolohi (IPTEK) dengan nilai-nilai kemanusiaan (humanity).

Pengertian Marketing 5.0 For Humanity

Marketing 5.0 For Humanity merupakan sebuah konsep marketing atau pemasaran yang berfokus pada penekanan terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan penciptaan customers experience atau pengalaman bagi pengguna. Jika pada era marketing 4.0 menitik beratkan pada dasar-dasar dalam marketing secara digital, di era marketing 5.0 menuntut untuk bisa menyeimbangkan antara teknologi digitalisasi pada pemasaran dengan kemampuan manusia untuk menciptakan customers experience atau pengalaman pengguna.

Konsep paling utama dari marketing 5.0 adalah bagaimana manusia dapat menciptakan atau mencari teknologi yang tepat dan sesuai untuk membantu meringankan pekerjaan mereka, dalam hal ini tentang marketing atau pemasaran.

Optimalisasi Bisnis Pada Marketing 5.0 For Humanity

Marketing 5.0 For Humanity menciptakan term baru, yaitu Next Tech dan New CX (Customers Experience), yang memiliki arti pahwa pada era tersebut optimalisasi bisnis dapat terlaksana ketika sebuah perusahaan dapat memanfaatkan teknologi untuk digunakan sebagai kepentingan manusia (humanity).

Next Tech merupakan sebuah kombinasi antara perkembangan teknologi dan manusia berjalan secara seimbang dan saling terkait. Konsep ini meikirkan bagaimana sebuah teknologi dapat meniru manusia dalah hal berfikir, menentukan keputusan, dan melakukan kegiatan seperti manusia setiap harinya.

Contohnya adalah teknologi kecerdasan buatan yang dapat meniru bagaimana otak manusia berfikir dan bekerja. Sedangkan New CX (Customers Experience) menekankan kepada jejak dari pengguna atau pengalaman dari manusia menggunakan marketing 5.0 tersebut yang dipadukan dengan teknologi.

Penerapan Konsep Marketing 5.0 For Humanity

Setelah memahami konsep marketing 5.0 for humanity, kemudian bagaimana penerapannya dalam kehidupan manusia? konsep ini mengarah pada bagaimana manusia memilih sebuah alat yang dapat membantu pekerjaannya. Untuk penerapan dari konsep marketing 5.0, seorang manusia atau perusahaan perlu melakukan otomasi atau sentuhan langsung dengan manusia.

Perlu dibedakan antara pekerjaan yang dapat dilakukan oleh teknologi dan pekerjaan yang memerlukan pengawasan dari manusia. Walaupun sudah dapat dilakukan oleh teknologi juga perlu ada manusia yang bertugas untuk mengawasi dan membantu mengambil keputusan sehingga hasil kerjanya akan lebih efektif dan efisien.

Demikian pembahasan mengenai Marketing 5.0 For Humanity, karena perkembangan teknologi yang sangat pesat perlu diimbangi dengan kemampuan manusia yang harus lebih pintar dibandingkan teknologi, dengan begitu era marketing 5.0 akan berjalan dengan lancar.

Comments