Skip to main content

Featured

Mengenal Influencer: Lebih dari Sekadar Selebriti Online

                                                                Photo illustration by  Los Muertos Crew  on   Unsplash Di era digital yang serba terhubung ini, istilah " influencer " sudah bukan lagi hal yang asing. Kita hampir setiap hari menjumpainya di berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter. Tapi, siapa sebenarnya influencer itu? Apakah mereka hanya sekadar orang yang punya banyak pengikut? Jawabannya lebih kompleks daripada itu. Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap audiensnya, mampu memengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian mereka. Pengaruh ini didapatkan bukan semata-mata karena jumlah pengikut yang besar, tetapi juga karena kepercayaan dan hubungan yang terbangun dengan audiensnya. Jenis...

Metaverse Fashion: Kolaborasi Virtual Reality Masa Depan

Konten [Tampil]

                                                            Photo illustration by Traian Titilincu on Unsplash

Realitas virtual dan metaverse menjadi isu yang semakin topikal di dunia. Sebagai wujud perkembangan modern yang secara definitif melakukan transisi digital, maka industri fashion mulai merambah masa depan dengan merilis konsep pakaian virtual.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri fashion telah berfokus pada persimpangan pasar digital dan nyata. Bahkan kini Metaverse Fashion muncul dengan menggabungkan digital dan dunia nyata dengan memanfaatkan augmented atau virtual reality.

Wujud Metaverse Fashion

Elaborasi realita virtual yang begitu detail menjadikan dunia maya semakin hidup. Tanpa terkecuali pada dunia fashion, misalnya NFT dan AR yang telah sukses diadopsi beberapa rumah mode.

1.     Non-Fungible Token (NFT)

Non-Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang diperjualbelikan menggunakan mata uang crypto, seperti karya seni, musik, video, hingga fashion. Setiap NFT terdapat blockchain digital passport yang mencatat autentikasi produk yang dibeli dan jejak digital pembelian untuk konsumen dan produsen.

2.     Augmented Reality (AR) untuk Efisiensi Pemasaran Produk Fashion

Tidak sekadar dalam bentuk NFT, pemanfaatan metaverse di dunia fashion juga dapat dilakukan dalam bentuk Augmented Reality (AR).

3.     3D Asset

Eksplorasi menggunakan pengalaman 3 dimensi akan semakin sempurna bagi para konsumen. Perkembangan teknologi digital seakan tidak terbatas untuk menciptakan dunia virtual yang semakin serupa dengan realita, seperti fashion show digital, items non-NFT, skins dalam game, dan avatar.

Implementasi Metaverse Fashion

1.     Baju dan Desain Digital

Penggunaan teknologi digital dapat membuat anda seakan-akan mengenakan pakaian melalui dunia virtual.  

2.     Fitur AR

Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat berbelanja online dengan mencoba barang terlebih dahulu. Efek nyata dengan menggunakan fitur AR akan anda rasakan dalam berbelanja virtual, seperti mencoba baju, sepatu, dan lain-lain.

3.     Toko Virtual

Beberapa rumah mode atau desainer dan brand fashion ternama seperti Balenciaga telah merancang toko virtual dalam berbagai desain dan gim Fortnite.

4.     Fashion dan Games

Fashion dan games merupakan kolaborasi yang mulai banyak dilakukan, terutama oleh para brand ternama dengan pengembang games popular. Kolaborasi ini seperti Balenciaga dengan Fortnite, Games Roblox dan Gucci, Louis Vuitton dengan Louis The Games.

Dalam Metaverse Fashion, dunia virtual mengutamakan penawaran pengalaman visual. Hal ini bertujuan agar para pengguna mendapatkan pengalaman yang sama antara dunia nyata dan virtual. 

Comments