Skip to main content

Featured

Mengenal Influencer: Lebih dari Sekadar Selebriti Online

                                                                Photo illustration by  Los Muertos Crew  on   Unsplash Di era digital yang serba terhubung ini, istilah " influencer " sudah bukan lagi hal yang asing. Kita hampir setiap hari menjumpainya di berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter. Tapi, siapa sebenarnya influencer itu? Apakah mereka hanya sekadar orang yang punya banyak pengikut? Jawabannya lebih kompleks daripada itu. Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap audiensnya, mampu memengaruhi opini, perilaku, dan keputusan pembelian mereka. Pengaruh ini didapatkan bukan semata-mata karena jumlah pengikut yang besar, tetapi juga karena kepercayaan dan hubungan yang terbangun dengan audiensnya. Jenis...

New Year, New Goals: 7 Time Management Tips For Success

Konten [Tampil]
Photo illustration by Luis Villasmil on Unsplash

Pergantian tahun menjadi awal yang baru untuk memulai pencapaian yang lebih baik. Begitupun tahun 2022, menjadi momen untuk merenungkan dan merefleksi diri atas apa yang telah dicapai di tahun sebelumnya. Memasuki akhir bulan di awal tahun, sudahkan Anda mengatur waktu secara efektif untuk mendukung pencapaian yang telah Anda rencanakan?

7 Time Management Tips For Success.

Tentunya itulah alasan mengapa sekarang Anda tertarik untuk mengetahui 7 Time Management Tips For Success. Kabar baiknya, Anda telah berada di blog yang tepat! Sebelum membahas lebih dalam ke inti topik, Anda harus tahu dulu apa manfaat manajemen waktu yang baik.

Manajemen waktu yang baik akan meningkatkan efisiensi dan produktifitas, selain itu reputasi professional Anda akan lebih baik, rasa stress juga akan terminimalisir. Peningkatan kesempatan untuk maju dan berkembang serta peluang yang lebih besar untuk mewujudkan keseimbangan karir dan kehidupan akan Anda dapatkan. Berikut 7 Time Management Tips For Success yang dapat mulai Anda terapkan.

1.      Aturlah Rutinitas di Pagi Hari

Anda harus mulai mengatur kegiatan rutin setiap pagi. Rutinitas di pagi hari merupakan pondasi awal untuk pencapaian Anda karena dapat menjadikan seseorang lebih fokus dalam mencapai tujuannya. Anda dapat memulai rutinitas pagi dengan berdoa sejenak. Ciptakan hati penuh rasa syukur kepada Sang Pencipta dan mohonlah rahmat untuk dapat menjalani hari ini. Setelah itu Anda dapat melanjutkan kegiatan dengan berolah raga, mempersiapkan sarapan sehat, dan membaca berita. Lakukan hal tersebut secara rutin dan perhatikan bagaimana suasana hati Anda dalam memulai hari.

 

2.      Buatlah To-do-list

Jika Anda ingin memiliki manajemen waktu yang baik, maka buatlah daftar tugas yang perlu diselesaikan dengan membuat catatan yang berisi tugas-tugas dan janji yang harus diselesaikan pada hari tersebut. Be rasional dalam menentukkan goals dan tugas yang akan diselesaikan. Buatlah skala prioritas, urutkan dari skala penting dan urgent terlebih dahulu. Anda bisa melakukan hal ini diakhir jam kerja satu hari sebelumnya. Dengan demikian, Anda akan lebih terstruktur dalam mencapai target.

 

3.      Time is Money

Mungkin Anda akrab dengan ungkapan “Waktu adalah uang”, karena waktu merupakan sumber daya terbatas yang tidak dapat Anda putar ulang. Manfaatkan waktu dengan lebih produktif, seperti membaca berita pada waktu luang saat mengantre atau dalam perjalanan menggunakan transportasi umum.

 

4.      Jangan Terlalu Sering Melakukan Meeting

Meeting sangatlah penting, karena Anda dapat bisa bertemu dengan pihak yang berkepentingan bahkan problem dan pengambilan keputusan dapat diselesaikan pada saat tersebut. Namun kenyataannya, sering melakukan meeting dapat menguras tenaga, pikiran, dan membuang waktu saja. Prioritaskan meeting yang perlu Anda ikuti dan pada saat yang mendesak.

 

5.      Bekerja Dengan Team

Setiap orang adalah makhluk sosial, karena itu mereka tidak dapat berdiri sendiri dan menyelesaikan semuanya sendiri. Menjadi seorang multi tasking hanya akan menurunkan produktivias. Dengan memiliki team maka penggunaan waktu Anda akan lebih efisien karena mereka dapat membantu Anda untuk fokus pada prioritas yang perlu dicapai. Delegasikan dan bangun kepercayaan team Anda untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut.

 

6.      Batasi Penggunaan Social Media

Social media memang sangat menarik karena berisi berbagai informasi dan hiburan yang dapat dengan mudah dan cepat Anda terima. Namun, menggunakan social media berlebihan juga dapat mengurangi produktivitas Anda. Hal ini tentu berbeda jika scope of work Anda banyak melibatkan penggunaan social media. Dengan demikian, sangat disarankan untuk membatasi penggunaannya agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

 

7.      Luangkan Waktu Berlibur

Menyempatkan diri untuk beristirahat akan membuat Anda lebih produktif. Berlibur dapat mengurangi rasa stress yang timbul akibat rutinitas yang sibuk. Maka dari itu, merencanakan liburan menjadi salah satu faktor penting manajemen waktu yang efektif.

Seni membuat hari-hari Anda menjadi lebih efisien dan produktif merupakan salah satu cara menemukan kebahagian diri Anda dan fokus untuk meraih sukses. Setelah mengetahui 7 Time Management Tips For Success maka Anda akan lebih efektif dalam mencapai target tahun ini. Mulailah bekerja dengan lebih cerdas, bukan lebih keras, Selamat mencoba!


Comments

Unknown said…
Harus semangat di tahun 2022, semangatttt